Saturday, December 28, 2013

Nikmati Keunikan Masjid Nan Douya Beijing

Meski bukan kelompok mayoritas, Muslim di Beijing sudah memberikan corak budaya tersendiri. Masjid Nan Douya merupakan satu dari 68 masjid yang ada di Beijing. Terletak di distrik  Dongceng, sebuah kawasan yang cukup cantik dengan bangunan modern disekitarnya. Lokasi yang srategis danmudah dijangkau karena dekat dengan stasiun bawah tanah Chaoyangmen.
Berdiri tegak dengan kokoh. Dengan arsitektur khas berupa bulatan-bulatan kubah kecil.Masjid ini berada dalam satu komplek terdiri atas ruangan ibadah untuk wanita dan laki-laki menyatu dengan ruangan lain seperti tempat wudhu, ruang baca, ruangan kecil yang berfungsi sebagai dapur dan ruangan untuk imam serta stafnya.


Anda dapat menikmati suasana sekitar masjid yang ramai dengan pedagang makanan halal. Jadi, tak perlu ragu mencicipi aneka dagangan kuliner yang dijajakan disini. Sembari berinteraksi dengan umat muslim dari Indonesia, Malaysia, Afrika dan Arab yang acapkali beraktivitas disini.
Pengalaman yang tak terlupakan apabila bisa melaksanakan sholat Jumat di masjid ini. Menjelang waktu sholat akan dilantunkan pengajian dalam bahasa Mandarin. Suasana religius ini akan mulai terasa mulai jam satu siang hingga jam dua.
Satu hal yang menambah keunikan masjid ini. Kita akan menemukan beberapa kursi panjang dengan semacam kotak kecil beralas kain diujung bagian depan.Kursi ini memudahkan kaum lanjut usia untuk melaksanakan sholat dengan posisi duduk. Unik sekali, karena angka harapan hidup yang tinggi di China sehingga banyak orang yang sudah lanjut usia.



Sangat menarik bukan?

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum ...

Belajar bersama, jadikan setiap pengalaman menjadi penuh warna. Follow @endah_hayuning yaa